Perbedaan antara Motivasi dan Inspirasi

Perbedaan antara Motivasi dan Inspirasi - Hallo sahabat suka suka, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Perbedaan antara Motivasi dan Inspirasi, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Inspirasi, Artikel Motivasi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Perbedaan antara Motivasi dan Inspirasi
link : Perbedaan antara Motivasi dan Inspirasi

Sering mendengar kata "motivasi" dan kata "inspirasi". Namun perlu kajian khusus yang menjelaskan itu semua. Hingga akhirnya beragam pendapat muncul dan setidaknya bisa dijelaskan lebih sederhana kepada masyarakat luas. Begitu juga kata "passion" dan "hobi" yang nyatanya juga berbeda maksudnya. Walau dalam bahasan sederhana untuk aktifitas keseharian akan mirip-mirip. Belum lagi jika "passion" , "motivasi" dan "inspirasi" dijadikan dalam satu topik pembahasan. Jelas malah makin bingung.

Disini saya ingin menjelaskan berbagai konsep atau teori mengenai perbedaan motivasi dan inspirasi secara langsung. Artinya, tidak terlalu bertele-tele, bisa dipahami, dan juga bisa dipraktekkan secara langsung. Lantas apa beda keduanya?

Inspirasi datangnya dari luar, Ini adalah seni bagaimana mendorong dan menggerakkan orang lain untuk melakukan hal-hal yang lebih baik daripada mereka percaya diri bahwa mereka bisa. Ini juga merupakan tentang bagaimana seorang leader membantu orang lain atau bawahannya  menemukan sisi terbaik mereka dan menggunakan apa yang mereka temukan. Membantu orang menemukan energi untuk bekerja sekeras tentang pekerjaan yang mereka bisa. 
Inspirasi terkait erat dengan penokohan orang lain di benak kita. Memang benar, kita merasa terdorong untuk melakukan sesuatu secara berkelanjutan. Hari demi hari, bulan demi bulan, tahun demi tahun kita lakukan. Tapi hal itu lebih banyak terdorong karena kita ingat akan seseorang. Tukang becak misalnya, dia terinspirasi dari tokoh bisnis di Indonesia, misalnya saja Chairul Tanjung yang selalu gigih bekerja keras hingga sukses sampai sekarang ini. Lalu dia ingat lagi pada anaknya yang juga ingin melanjutkan sekolah hingga perguruan tinggi. Nah, disitulah dia terinspirasi dari orang lain untuk melakukan tindakannya secara berkelanjutan.
Motivasi berasal dari dalam diri seseorang, Motivasi anda tidak dapat diberikan,di wariskan, atau dihadiahkan. Ini berasal dari dalam diri pribadi seseorang.
Pertama, motivasi sangat ditentukan oleh siapa yang mengatakannya. Anda jarang termotivasi oleh orang yang gagal. Sebaliknya, kegagalan orang lain sering memberi kita inspirasi untuk menjadi orang yang berhasil.
Kedua, motivasi sangat ditentukan oleh keteladanan orang yang mengatakannya. Anda jarang bisa terus termotivasi oleh seseorang yang sudah ketahuan ’sifat aslinya’. Sebaliknya, ’sifat asli’ seseorang sering memberi kita inspirasi untuk terus belajar agar lama kelamaan kita bisa menjadi manusia yang mampu menyelaraskan antara perbuatan dan perkataan.
Ketiga, motivasi sering dimonopoli oleh bangsa manusia. Anda jarang termotivasi oleh comberan, kotoran cicak, ataupun bau pesing toilet di terminal-terminal kendaraan. Anda juga jarang termotivasi oleh kemacetan lalu lintas, tagihan listrik, ataupun kenaikan harga barang-barang keperluan rumah tangga. Dan Anda, pasti tidak termotivasi oleh lembar laporan potongan pajak jika belum benar-benar merasakan apa manfaatnya. Sebaliknya, semua itu bisa menginspirasi kita. Untuk mencari jalan agar kehidupan kita menjadi lebih baik dari hari ke hari. Terutama karena kita yakin. Bahwa ada kehidupan lain. Setelah kematian.
memiliki motivasi yang kuat dari dalam diri sendiri merupakan kekuatan pendorong yang kuat bagi kita sendiri yang akan memimpin kita untuk berhasil dalam bekerja. motivasi ini jika kita ingin mengambil perumpaan adalah ibarat seorang pemain sepak bola yang sudah berhasil membawa bola ke depan gawang lawan, yang mana bola itu hanya memerlukan sedikit dorongan kaki saja ke arah gawang sudah gool, akan tetapi jika orang tersebut tidak ada motivasi dalam dirinya untuk menendang bola supaya bisa mencetak gool maka hal itu tidak akan pernah terjadi, meskipun ratusan juta penonton semuanya memberikan sorakan motivasi agar dia segera menendang bola tersebut, jika dari dalam dirinya tidak ada kemauan maka hasilnya tetap NOL besar.
Motivasi lebih terkait dengan cara kita membangkitkan semangat. Namun semangat yang luar biasa. Misalnya, kita baru saja duduk di depan layar monitor komputer atau laptop. Merasa ada yang hilang, ada yang salah, dari apa yang sudah kita kerjakan semisal skripsi, tugas akhir, atau tugas kerja yang sudah mepet jam sore pulang kantor. Kita merasa ingin untuk melepaskan diri dan lari dari hal yang bisa kita selesaikan di hari itu. Tapi kita sadar untuk menyelesaikannya di hari itu juga. Kita butuh semangat yang tidak sekedar semangat. Bahkan sudah diantisipasi dengan rileks sejenak mendengarkan lagu, membaca meme lucu di 9gag, tetap saja motivasi itu tidak datang juga. Ya, bagi saya sebaliknya, motivasi terkait erat dengan apa yang ada di dalam diri kita untuk bergerak melakukan sesuatu di saat itu juga.

Loh kok bisa beda? Ya, beda pemahaman bukan berarti salah loh. Saya tidak menyalahkan kedua orang diatas yang sudah saya kutip pemahamannya tentang motivasi dan inspirasi. Tapi saya punya pemahaman sendiri yang saya rasa lebih cocok dengan diri saya dalam menjalani kehidupan.
 Nah, bagi kamu lebih cocok yang mana nih? 



Demikianlah Artikel Perbedaan antara Motivasi dan Inspirasi

Sekianlah artikel Perbedaan antara Motivasi dan Inspirasi kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Perbedaan antara Motivasi dan Inspirasi dengan alamat link https://suksasukagw.blogspot.com/2015/11/perbedaan-antara-motivasi-dan-inspirasi.html

0 Response to "Perbedaan antara Motivasi dan Inspirasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel