Kenali Delapan Kecerdasan Anak

Kenali Delapan Kecerdasan Anak - Hallo sahabat suka suka, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Kenali Delapan Kecerdasan Anak, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Psikologi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Kenali Delapan Kecerdasan Anak
link : Kenali Delapan Kecerdasan Anak

Anak saya nilainya jelek, berarti anak saya tidak pintar. Pernahkah ibu berpikir seperti itu? Kebanyakan orang tua berpikir demikian. Mereka menilai kecerdasan anak hanya dari faktor IQ saja, tanpa melihat aspek kecerdasan lainnya.

Padahal kecerdasan itu ada delapan macam. Seperti diungkapkan oleh Thomas Armstrong, Ph.D, seorang ahli di bidang Multiple Intelligences. Delapan jenis kecerdasaran itu adalah word smart, number smart, picture smart, body smart, music smart, people smart, self smart, dan nature smart.

Word smart
Kecerdasan pertama word smart atau cerdas secara verbal linguistik. Anak yang memiliki kecerdasan ini bisa cepat berbicara, dia juga bisa membaca dengan baik di usia dini. Mereka juga akan mulai mencoret-coret baik di kertas atau media lainnya, dan akhirnya mereka akan menulis dengan baik. Bukan hanya itu anak word smart juga senang mendengarkan cerita.

Number smart
Kecerdasan kedua adalah number smart atau anak yang selalu berpikir logical mathematical. Anak seperti ini senang berpikir logis. Mereka juga tertarik dengan angka, sains, dan hal-hal yang berhubungan dengan logika. Mereka senang bereksperimen dengan angka, tak heran mereka sangat menyukai pelajaran matematika.

“Tapi biasanya kalau anak suka dengan angka matematika, dia tidak suka membaca. Begitu juga sebaliknya,” ujarnya dalam acara talk show bertema #BedaAnakBedaPintar : Memahami Multiple Intellegences dan Peran Nutrisi, di Jakarta, Rabu (1/10).

Bukan hanya itu, anak yang seperti ini juga senang menanyakan hal-hal seperti “mengapa langit berwarna biru?” atau pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Nature smart
Berikutnya adalah kecerdasan alam atau anak yang bersifat naturalistik. Anak yang memiliki kecerdasan alam ini biasanya senang dengan alam. Senang memelihara binatang peliharaan, dia juga senang dilibatkan dengan kegiatan yang berkaitan dengan alam dan lingkungan, misalnya berkebun. Anak juga dapat menggolongkan tanaman, mengoleksi dedaunan, juga peduli terhadap lingkungan alam (kesadaran ekologi)

Self smart
Kecerdasan yang keempat adalah self smart. Ini adalah kecerdasan dalam hal intrapersonal. Anak ini memiliki rasa percaya diri yang kuat. Mereka juga mampu mengekspresikan atau mengkomunikasikan perasaan mereka. Anak dengan kecerdasan ini juga cenderung senang bermain sendiri, tahu dia mau jadi apa saat besar nanti.
Picture smart
Anak yang memiliki kecerdasan gambar atau visual-spatial ini suka menggambar bahkan mereka bisa menggambarkan apa yang mereka ingin gambarkan. Mereka juga suka seni. Bukan hanya itu, anak picture smart pun suka berimajinasi, bermain membangun sesuatu menggunakan balok. “Nah desainer dan penemu adalah contoh orang yang picture smart,” jelasnya dalam acara talk show bertema #BedaAnakBedaPintar : Memahami Multiple Intellegences dan Peran Nutrisi, di Jakarta, Rabu (1/10).

Music smart
Anak yang memiliki kecerdasan musik biasanya suka bernyanyi, menggoyangkan badan mengikuti irama, memainkan instrumen musik, mendengarkan musik serta mengingat lagu. Jika anak ibu di rumah suka bermain musik seperti mendentum-dentumkan barang, membuat suara gaduh dengan benda yang dipegangnya sehingga menimbulkan suara, bisa jadi anak ini memiliki kecerdasan musik.

Body smart
Anak yang body smart atau bodily-kinesthetic adalah anak yang suka menciptakan sesuatu dengan tangan, suka olahraga, menari, menyentuh benda-benda dan mempelajarinya. Mereka senang bergerak dan gerak tubuhnya lebih banyak.

People smart
Anak yang people smart adalah anak yang suka bermain dengan teman-temannya, memiliki empati, suka memimpin, dan bisa memahami perasaan orang lain. Anak yang seperti ini bisa membangun hubungan interpersonal yang baik. Mereka juga senang berbagi, peduli terhadap orang lain juga senang membantu temannya. “Mereka bisa bekerja dengan tim,” ujarnya.


Demikianlah Artikel Kenali Delapan Kecerdasan Anak

Sekianlah artikel Kenali Delapan Kecerdasan Anak kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Kenali Delapan Kecerdasan Anak dengan alamat link https://suksasukagw.blogspot.com/2015/11/kenali-delapan-kecerdasan-anak.html

0 Response to "Kenali Delapan Kecerdasan Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel